Cara Menambah Font Manual Di Ubuntu 16.04

Font merupakan kebutuhan dasar yang paling penting dalam pembuatan dokumen, untuk itu pemilihan dan penggunaan font perlu diperhatikan. Ada kalanya kita yang baru bermigrasi ke Linux atau lebih tepatnya di Ubuntu terkadang permasalahan tersebut muncul dan tentu merasa sangat terganggu dan pilihan terahir adalah pasti melakukan reebooting sistem dan beralih ke Windows lagi (bagi yang dualboot, lalu bagaimana yang single boot?).

Permasalahan tersebut juga admin alami saat ini, lebih tepatnya saat mengerjakan laporan MPIT (Manajemen Proyek IT) dimana format dokumen mengharuskan untuk menyisipkan simbol “βœ“” di LibreOffice. Bingung? Pasti.

Cara termudah dalam mengatasi masalah adalah MENYERAH!

Setelah melakukan pencarian, akhirnya ditemukanlah masalah yaitu paket font yang bernama wingdings 2 (tidak tersedia pada paket font ttf-mscorefonts-installer) belum terpasang di sistem Ubuntu. Proses pencarian paket font kembali dilakukan dan akhirnya ditemukanlah paket font lengkap.

Untuk menginstall font tersebut di sistem Ubuntu dapat dilakukan dengan klik dua kali (double-click) akan tetapi pada kasus ini font wingdings 2 tidak dapat di install dari Font Viewer. Jika sobat menemukan masalah seperti admin, ikuti langkah-langkah berikut:

Download terlebih dahulu ms-trutype, lalu ekstrak (secara default terdapat di /home/user/Download/). Selanjutnya buka Terminal (bisa dilakukan dengan Ctrl + Alt + T) kemudian pindah folder ms-truetype ke direktori /usr/share/fonts/ dengan mengetikkan perintah:

sudo mv Download/ms-truetype /usr/share/fonts/

Setelah terpindah, rubah hak akses penggunaan directory ms-truetype dengan perintah:

sudo chmod 775 /usr/share/fonts/ms-truetype

Selanjutnya adalah melakukan pemindaian ulang terhadap direktori font pada sistem dan membangun ulang konfigurasi font untuk menyimpan informasi terbaru yang ada pada direktori font sistem dengan memperbarui cache yang ada di fontconfig. lakukan dengan perintah:

sudo fc-cache -f -v

null

Gambar di atas (tanda kotak merah) menandakan direktori font ms-truetype sudah dikenali oleh sistem.

null

Pastikan informasi pada gambar di atas tidak terdapat pesan error, jika masih terdapat pesan error lakukan perubahan hak akses lagi kemudian pindai ulang dengan perintah fc-cache di atas.

Uji Coba

Untuk bisa menggunakan tanda “βœ“” dari LibreOffice (cara ini sesuai dengan LibreOffice 5.3.1.2) Klik Insert > Symbol > (pada menu drop down) Fonts: pilih font Wingdings 2 pilih karakter “βœ“” lalu klik Insert.

null

Sumber

“Menambah Font di LibreOffice” pada https://www.linuxliteos.com/forums/other/adding-fonts-to-libreoffice/

“Manual fc-cache” pada https://linux.die.net/man/1/fc-cache

Nah, bagaimana hasilnya? apakah sudah bekerja dengan baik atau masih terdapat kendala? jangan lupa share pengalaman sobat di kolom komentar yah πŸ™‚

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua dan admin mohon maaf apabila terdapat salah kata. Having fun with Tux!.

Advertisements

Author: chotibul212

Salah satu anggota tetap Komunitas Linux UPN "veteran" Jawa Timur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s