Buka Puasa Bersama KLAS

Selasa, 19 Juni 2017 di De’Oak Resto, Cafe, Bakery. Melalui undangan acara via sosmed 3 hari sebelumnya dari Darian (pengurus KLAS). Notifikasi undangan muncul mengatasnamakan KLAS (Kelompok Linux Arek Suroboyo). Aku sudah menduga bahwa kemungkinan ini acara cangku’an KLAS seperti pada acara biasanya. Setelah membuka notifikasi tersebut ternyata dugaanku meleset dikit. Bukan cangkru’an biasa akan tetapi cangkru’an beserta Buka Bersama KLAS. Setelah memastikan tidak ada jadwal apapun pada hari undangan, akhirnya aku menulis komentar pada undangan acara tersebut.

Aku : “Muantap Cak Dar”. Cak merupakan gaya panggilan orang Surabaya yang berarti Mas atau kakak.
Darian : “Muantap tok gak melu yo rugi”.
Aku : “Insya Allah melu”.

Aku beralih membaca pamflet acara, tertulis bahwasanya jika ikut harus konfirmasi langsung ke nope (nomor hape) Darian, akhirnya aku putuskan untuk langsung mengkonfirmasi kalau aku ikut acara tersebut melalui aplikasi berlogo telepon.

Hingga akhirnya waktu acara pun tiba, sebelum berangkat, aku memastikan lokasi tempat bukber (buka bersama) dari aplikasi peta sekaligus melihat kondisi jalan menuju lokasi. Terdapat beberapa titik kemacetan di sepanjang jalur. Setelah memilih jalur yang direkomendasikan, akhirnya aku berangkat dari rumah sekitar jam 15.27.

Memang benar, beberapa kemacetan jalan harus dinikmati senikmat mungkin dan tetap berkonsentrasi agar tidak membahayakan pengguna jalan yang lain. Saking macetnya buat belok ke lokasi pun susah akhirnya aku putar balik dari pom bensin.

Sesampainya dilokasi, aku memarkirkan bebek kesayangan bersamaan dengan satu orang, karena terlalu fokus dengan parkir aku sempat berfikir kok orang ini nggak beranjak dari motornya ya. Setelah aku menoleh, wih… ternyata Robby. Setelah salaman, kami bergegas menuju tempat yang telah di pesan oleh Darian.

Bingung, itulah yang kami rasakan, celingukan kesana-kemari tapi yang dicari tidak ada, setelah melewati anak tangga terahir akhirnya bertemu dengan Pak Adri. Kami pun bersalaman dan menanyakan tentang Darian. Ternyata Darian belum datang karena baru keluar kantor pada jam 15.54. Dari Raya Basuki Rahmat ke Raya Ngagel, jam waktu banyak orang pulang kantor, gimana macetnya ya?

Sambil menunggu Darian datang, Pak Adri-pun berbincang-bincang dengan kami hingga seorang pelayan menghampiri kami dan menanyakan pesanan, setelah dikonfirmasi ternyata tempat yang di pesan ada di tengah-tengan dan kami pindah ke tempat yang ditunjuk pelayan tersebut.

Yang di tunggu pun akhirnya datang, setelah melakukan cek bukti pembayaran dan kwitansi pemesanan, Darian bergabung dengan kami. Berbincang-bingcang. Cangkru’an. Satu-persatu teman-teman yang lain berdatangan. Mulai dari Mahasiswa, Karyawan, Dokter, hingga praktisi IT sekalipun. Disela-sela perbincangan, Pak Adri menceritakan kisah pendidikan tinggi-nya yang katanya tidak harus linier, benar juga, mulai dari D3 Akuntan, S1 Teknik Informatika hingga S2 Elektro. Nah, bisa dibayangkan bukan, bagaimana rasanya? Bayangkan sendiri saja. Yang pasti beliau orang hebat.

Tidak terasa waktu bergulir dengan cepatnya hingga adzan maghrib pun berkumandang, kami bergegas membatalkan puasa dengan takjil bersama menu buka puasa yang telah disediakan oleh pramusaji. Kurma dan Es janggelan atau cao. Alhamdulillah.

Acara santap takjil berlangsung dengan khidmat, kami menikmatinya senikmat mungkin. Barulah setelah itu kami menyantap hidangan utama buka puasa. Perbedaan kenikmatan buka puasa adalah kita berbuka dengan teman, kerabat ataupun keluarga. Kebersamaan itulah yang menjadikan nikmatnya tiada tara.

Acara buka puasa dilanjutkan dengan Sholat Maghrib berjamaah, karena musholla yang digunakan tidak mencukupi, jamaah pun dibagi menjadi 2 kloter. Aku ikut kloter ke-2.

Semua telah selesai berbuka puasa dan sholat maghrib berjamaah. Masuk ke acara inti yaitu membahas agenda Cangkru’an KLAS selanjutnya, Darian mewacanakan acara Pesta Rilis Debian 9. Yah, Debian 9 yang dirilis oleh Debian Project pada 17 Juni 2017 lalu merupakan perilisan istimewa dengan membawa beberapa perubahan. Dikatakan istimewa karena perilisan kali ini dengan kone nama Stretch, karakter gurita dari film animasi Toy Story, didedikasikan untuk Pendiri The Debian Project, Ian Murdock.

Wacana cangkru’an KLAS akan di adakan pada tanggal 8 Juli 2017 dengan pertimbangan tiga opsi tempat, yaitu UPN “Veteran” Jawa Timur, STIKOM Surabaya dan UNITOMO (Univrsitas Dr. Soetomo). Tujuan dari terselenggaranya acara di perguruan tinggi ini tidak lain adalah supaya masyarakat perguruan tinggi turut serta untuk berpartisipasi dalam pengembangan open source mulai dari penggunaan sistem operasi berbasis GNU/Linux. Deal. Begitu keputusan dari wacana yang dibuat.

Sekali lagi, waktu. Waktu yang mengharuskan badan ini untuk melangkah dan pulang. Kami bersalaman satu-sama lain. Tidak lupa juga membungkus lauk pauk yang memang tersisa banyak. Dari pada mubadzir, mending di bungkus untuk sahur.

Selesai sudah rangkaian acara Buka Puasa Bareng KLAS. Terima kasih tak terhingga untuk teman-teman komunitas Linux yang tersebar bi berbagai belahan instansi, pendidikan tinggi dan praktisi telah mensupport kami untuk selalu dan selalu menggembar-gemborkan penggunaan sistem operasi GNU/Linux untuk Indonesia Go Open Sources (IGOS).

Advertisements

Author: chotibul212

Salah satu anggota tetap Komunitas Linux UPN "veteran" Jawa Timur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s